Mengubah Bayangan Teknologi Informasi Menjadi Peluang Bisnis

Karyawan bisnis sekarang berlomba dalam menggunakan aplikasi berbasis cloud, dan divisi teknologi informasi telihat menjadi kehilangan kendali dalam menjalankan proses. Karyawan menyukai kalau mereka bisa menggunakan Dropbox, Evernote, Asana dan Google Drive tanpa ada campur tangan dari divisi teknologi informasi, tetapi hal yang disebut bayangan teknologi informasi ini memiliki resiko tersendiri. Untuk itu perlu dicari cara untuk mengubah bayangan teknologi informasi ini menjadi peluang bisnis.

Karena jika tidak dicari cara maka, karyawan cenderung bisa dengan mudah membuat keputusan buruk mengenai teknologi dan menaruh data rahasia di tempat yang tidak semestinya. Namun, jika divisi teknologi informasi menjangkau situasi secepatnya, maka mereka bisa mengenemukan peluang yang besar untuk memuaskan pengguna terakhir dan menambah nilai dari bisnis mereka.

peluang bisnis

Bayangan teknologi informasi terjadi karena karyawan mengingin sesuatu yang tidak dimiliki oleh teknologi informasi. Untuk itu, teknologi informasi perlu untuk sadar bahwa pengguna terakhir mereka adalah pelanggan dan lalu mencari cara untuk memenuhi kebutuhan kostumer sebelum mereka mengelak menggunakan jasa teknologi informasi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mencari tahu apa yang karyawan dapatkan tetapi tidak tersedia.

Dari pada menjadi besar, pihak teknologi informasi yang buruk dan menghapus aplikasi yang tidak disetujui, biarkan kostumer mencari tahu kenapa mereka sedang dipergunakan. Bayangan teknologi informasi merupakan hal yang biasa di divisi penjualan ketika karyawan membutuhkan alat CRM sederhana. Mereka berpikir bahwa divisi teknologi informasi malah akan membuat solusi yang mereka inginkan berjalan dengan sangat lambat, jadi mereka menciptakan kekuatan penjualan mereka sendiri.

Ketika divisi penjualan akan mendapat keuntungan karena jasa yang mereka punya digunakan secara menyeluruh, kekutan penjualan akan berkerja tidak efisien karena tim penjualan tidak bisa menjalankan bisnis tersebut dengan sistem bisnis POS, perangkat lunak akunting, perangkat lunak pemasaran otomatis dan sistem teknologi infomasi lainnya. Anggota tim penjualan akan menjaga kekuatan penjualan untuk mereka sendiri karena mereka tidak mau menggangu dengan memberikan akses ke divisi lain atau memberi isyarat kepada pihak teknologi informasi.

Sebagai hasilnya mereka kehilangan keuntungan kedua dari jasa yang mereka berikan. Berbicara bisnis dalam hal ini, tim penjualan perlu diberitahu kalau karyawan mengerti bagaimana pentingnya CRM terhadap operasi mereka dan karyawan akan dengan senang hati untuk membantu mereka untuk mendapatkan segala hal dari sistem. Lalu tanyakan mereka apa yang dibutuhkan supaya kekuatan penjualan bisa berjalan. Bertahan di bayangan teknologi informasi dengan bertekad untuk memberikan kostumer hasil kemungkinan terbaik.

Tujuan menemukan cara untuk mengubah bayangan bisnis menjadi peluang bisnis adalah untuk menciptakan budaya dimana karyawan mau meminta bantuan kepada divisi teknologi informasi. Divisi ini seharusnya menjalankan bisnisnya dari pada mengikuti jejak dari apa yang dilakukan oleh karyawan divisi lainnya. Perubahan bagaimana karyawan berpikir mengenai teknologi informasi dengan mengubah bayangan teknologi informasi menjadi peluang untuk menjadi unggulan dan bersinar.

Pilihan peluang bisnis di TeropongBisnis.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s